Sabtu, 20 April 2013

Makalah Psicolinguistics STAIN WATAMPONE


ANALISIS PERBEDAAN PRIA DAN WANITA DALAM BERINTERAKSI DENGAN LAWAN JENISNYA





Makalah ini di ajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata kuliah
Psycholinguistics pada jurusan Tarbiyah
Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI)

Oleh :
MISNAWATI
02.09.4058

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Ada banyak perbedaan yang kita temukan di lapangan antara laki-laki dan perempuan. Namun, tidak perlu khawatir jika di dalam suatu hubungan terdapat banyak perbedaan. Dengan menyadari bahwa perbedaan-perbedaan itu yang membuat suatu hubungan akan menjadi lebih hidup, kita dapat belajar untuk memanfaatkan suatu perbedaan yang ada dengan baik. Justru dengan adanya perbedaan, akan membuat suatu hubungan menjadi lebih indah dan bahkan sempurna.
Pria dan wanita memang berbeda karena mereka berasal dari dua planet yang berlainan. Pria dilahirkan dan hidup di Mars sedangkan wanita dari Venus. Perbedaan lingkungan hidup ini juga membuat nilai-nilai yang dianut berbeda pula. Di Mars, yang ditinggali para pria, menghargai kekuasaan, ketrampilan, efisiensi dan prestasi. Segala sesuatu di mars merupakan cerminan nilai-nilai ini, salah satunya contohnya adalah pakaian mereka. Polisi, prajurit, penguasa, pengusaha, ilmuwan, petugas kebersihan, penjaga toko, dan koki memakai seragam untuk menunjukkan keterampilan dan jabatan mereka.
Mencapai sasaran merupakan pembuktian dari kemampuan mereka. Dan pria di mars merasakan kepuasan yang luar biasa jika berhasil mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan masalah dengan kemampuan mereka. Sebaliknya, pria mars ini akan merasa tersinggung bahkan sangat marah jika ada orang yang membantunya. Bantuan ini merupakan penghinaan tak tertulis yang mengatakan bahwa mereka tidak bisa bekerja, atau mereka sedang dalam keadaan “rusak”.
Di Venus, para penduduknya menghargai cinta, komunikasi, dan hubungan. Wanita – wanita di planet ini menghabiskan banyak waktu untuk memberikan dukungan, menolong, dan saling melayani. Arti hidup mereka ditentukan melalui perasaan dan mutu hubungan mereka. Wanita di Venus mengalami kepuasan yang luar biasa dengan berbagi dan berbicara dari hati.
Penduduk Venus mengenakan pakaian sesuai dengan suasana hati mereka. Jika sedang senang, mereka memililh pakaian yang cerah, jika sedang sedih, mereka menggunakan baju berwarna gelap.
Sejak dilahirkan anak-anak perempuan venus belajar mengembangkan intuisnya. Ilmu ini telah diajarkan selama berabad-abad untuk mengantisipasi kebutuhan – kebutuhan orang lain. Mereka membanggakan diri karena memperhatikan kebutuhan dan perasaan-perasaan orang lain. Kebahagiaan terbesar bagi seorang wanita venus jika dia berhasil menawarkan bantuan dan pertolongan kepada penduduk venus lainnya tanpa diminta. Naluri mereka ialah ingin memperbaiki segala sesuatu. Apabila mereka menaruh perhatian kepada seseorang, dengan leluasa mereka menunjukkan bagaimana melakukannya. Menawarkan nasihat dan kritik secara membangun merupakan tindakan cinta. Namun tindakan yang biasa di venus ini akan berakibat fatal jika dilakukan di mars. Dan inilah sumber penyebab pertengkaran pria dan wanita
Menanggapi teori tentang perbedaan pria dan wanita di atas, maka penulis lebih tertarik untuk menguraikan lebih jelas perbedaan pria dan wanita dalam bentuk makalah yang berjudul “Analisis Perbedaan Pria dan Wanita dalam Berinteraksi dengan Lawan Jenisnya”.
B.    RUMUSAN MASALAH
Adapun masalah yang akan dibahas lanjut adalah :
•    Bagaimana Perbedaan Kinerja Hormon Pria dan Wanita?
•    Bagaimana Otak kiri serta Otak kanan Pria dan Wanita?
•    Bagaimana jenis perbedaan yang dimiliki oleh Pria dan wanita?

C.    TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
•    Untuk mengetahui Perbedaan Kinerja Hormon Pria dan Wanita.
•    Untuk mengetahui Otak kiri serta Otak kanan Pria dan Wanita.
•    Untuk Mengetahui jenis perbedaan yang dimiliki oleh Pria dan wanita.




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Perbedaan Kinerja Hormon Pria dan Wanita
Bertahun-tahun lalu, nenek moyang kita telah melakukan pembatasan kemampuan antara sebagai pria dan wanita. Sejak dulu, para pria terbiasa melakukan yang sifatnya fokus serta transendence atau berorientasi pada dunia di luar dirinya. Sedang, wanita cenderung berorientasi ke dalam dirinya sendiri. Misalnya, ketika seorang pria bermain bola, mereka lebih mementingkan agar kehebatannya dilihat orang lain. Sedang, wanita saat bercermin, cenderung memberi penilaian terhadap dirinya.
Lantas, apakah otak serta hormon juga mempengaruhi perbedaan antara keduanya? Selama ini, orang berpikir bahwa pria lebih logis karena otak kirinya lebih berperan, sedang perempuan lebih intuitif karena otak kanannya yang lebih berperan. "Pada dasarnya tidak ada hubungan antara hormon dengan perbedaan pola pikir antara pria dan wanita. Yang ada justru pola asuh, pola didik, serta lingkungan yang membentuknya," jelas Dr. Suryo Dharmono, pengajar dari Departemen Psikiatri RSCM, Jakarta.
Pada dasarnya, tentu secara fisik perbedaan antara wanita dan pria bisa Anda lihat. Namun, jika lebih dalam, hormon serta otak antara wanita dan pria pun banyak berbeda. Hormon sangat berperan pada tubuh wanita adalah estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini yang membuat payudara membesar dan suara menjadi lebih tinggi. Sedangkan pada pria, hormon yang paling mendominasi adalah hormon testosteron, ini menyebabkan pria memiliki suara yang besar, tubuh lebih berotot. Hormon yang dimiliki wanita juga dimiliki oleh pria, begitu pun sebaliknya. Namun rasio hormon dalam tubuh pria dan wanita sangat berbeda. Perbedaan rasio inilah yang membuat fisik pria dan wanita mutlak berbeda.
Secara biologis, siklus perubahan hormonal pada wanita juga diikuti perubahan psikologis pada wanita. Maka, kemudian ada istilah PMS yang ditandai dengan ketidakstabilan emosi. Wanita pun dianggap main 'perasaan'. Meski wanita didominasi estrogen dan progesteron, namun ia tetap memiliki hormon testosteron. Hanya saja porsinya yang tidak sama antara kita berdua. Misalnya, area pada tubuh wanita yang lebih besar terjadi penumpukan lemak adalah pada bokong, paha dan pinggul akibat hormon estrogen yang mendominasi. Sedangkan, pria cenderung mengalami kelebihan pada metabolisme lemak akibat testosteron yang justru membuat pria cenderung berlemak di area perut dan pinggang.
B.    Otak kiri Vs Otak kanan (Pria dan Wanita)
Dr.Roger Sperry dari California Institute of Technology mengatakan  bahwa otak kiri pria lebih dominan dibanding otak kanannya. Sementara pada wanita justru sebaliknya. Konsepnya kini telah dipakai di sejumlah bidang seperti pendidikan hingga praktik medis.  Kita tidak mungkin hidup hanya dengan salah satu sisi bagian otak , yaitu kemampuan intuitive dan art . Keduanya memiliki fungsi yang sama pentingnya. Jika dipisahkan, maka hasilnya tidak akan sempurna.
Berangkat dari konsep penemuan Dr. Roger Sperry, dapat disimpulkan sendiri bahwa sebenarnya kemampuan seorang pria dan wanita tidak dapat diasumsikan dari dominasi sisi otaknya saja. Baik pria maupun wanita tidak mungkin hidup dengan salah satu bagian otaknya saja.
Sebenarnya perbedaan otak pria dan wanita juga berkembang dari nenek moyang. Pria cenderung memiliki kemampuan lebih baik membaca peta, menentukan jarak serta menentukan sasaran dibanding wanita, salah satu penyebabnya lantaran sejak perkembangan zaman dulu, pria memiliki 'tugas sosial' untuk berburu dan membidik. Itu sebabnya, penglihatan serta pikiran pria jauh lebih fokus dalam 1 hal ketimbang wanita. Kemampuan wanita bermulti-tasking juga dipengaruhi 'kewajiban sosial'. Tugas wanita pada zaman purba adalah mengurus rumah, memasak, mengandung dan merawat anak.
Sebenarnya perbedaan pria dan wanita itu tercipta karena pengaruh sosial. Pengaruh sosial amat memberikan kontribusi terhadap perubahan biologis manusia. Misalnya, pria yang terbiasa dari kecil memiliki sifat pemimpin maka akan terbiasa tumbuh menjadi pemimpin. Namun tidak menutup kemungkinan wanita memiliki pola asuh seperti itu maka akan memiliki sifat serta tingkah laku seperti seorang pria," kata Dr. Suryo lagi.
Namun 'bapak' sosiologi dari Harvard University, AS, Edward O. Wilson menyatakan bahwa wanita memang cenderung memiliki empati, kemampuan sosial serta kemampuan verbal yang lebih tinggi dan lebih baik dibanding pria yang cenderung lebih mandiri, dominan, berkembang di kemampuan sosial.
Maka, jangan heran jika wanita lebih 'bawel' ketimbang pria. Ini berhubungan kemampuan verbal. Wanita juga dikatakan lebih 'ribet' ketimbang pria pada soal detail dan ketelitian saat belanja. Ada alasan kuat pula, keberadaan parkir khusus wanita di mal. Kemampuan spatial-navigational wanita dinilai lebih buruk ketimbang pria. Harus diakui, untuk soal menyetir kendaraan bermotor, secara umum pria memang lebih baik daripada wanita.
C.    Perbedaan Emosional Pria dan Wanita

•    Perbedaan Emosional Pria dan Wanita
Wanita memiliki kecenderungan lebih personal daripada pria. Wanita memiliki hasrat dan perasaan yang kuat terhadap orang, sehingga lebih menikmati dalam membangun hubungan. Pria lebih berorientasi kepada pikiran praktis, kesimpulan yang logis, dan penaklukan. Mereka tidak terlalu suka atau kurang berminat membangun hubungan yang akrab, dan mereka juga kurang memiliki pengetahuan dalam membangun hubungan yang sehat dan berhasil. Sementara itu, para wanita tidak suka dengan "ring tinju" karena hubungan-hubungan dekat, mesra, intim, dan penuh kasih tidak dihasilkan di ring tinju. Itulah sebabnya, para pria muda harus sadar bahwa kekuatan wanita adalah membangun hubungan, baginya membangun hubungan adalah hal alamiah.
Dr. Cecil Osborne dalam bukunya "The Art of Understanding Your Mate" mengatakan, wanita menjadi bagian yang akrab dari orang-orang yang mereka kenal dan hal-hal yang ada di sekeliling mereka. Mereka masuk dalam satu "kesatuan" dengan lingkungan, Misalnya jika sering kali pindah rumah merupakan ketakutan-ketakutan dari seorang wanita, apalagi jika pindahnya mendadak.
Perubahan bagi wanita begitu menakutkan, sehingga membutuhkan waktu begitu lama untuk menyesuaikan diri. Sedangkan pria begitu mudah untuk menyesuaikan diri, bahkan sering kali dalam hitungan menit setelah mendapatkan pengertian yang menguntungkan dari perubahan tersebut.
Wanita menemukan identitas mereka dalam hubungan akrab, sedangkan pria mendapatkan identitasnya dari pekerjaan. Wanita mengekspresikan permusuhan dengan kata-kata, sedangkan pria dengan kepalan tangan.

•    Perbedaan Fisik Pria dan Wanita
Dr. Paul Popenoe, pendiri American Institute of Family Relations di Los Angeles, menemukan beberapa perbedaan biologis antara pria dan wanita. Berikut ini penuturannya :
1.    Wanita mempunyai keadaan vitalitas jasmani yang lebih bugar, mungkin karena susunan kromosomnya yang unik. Di USA, wanita hidup lebih lama 4 sampai 8 tahun dibandingkan pria.
2.    Pria dan wanita memiliki perbedaan dalam struktur kerangka, wanita memiliki kepala lebih pendek, wajah lebih lebar, dagu yang kurang menonjol, kaki lebih pendek, dan badan yang lebih panjang.
3.    Wanita memiliki ginjal, hati, dan perut yang lebih besar daripada pria, tapi paru-parunya lebih kecil.
4.    Wanita memiliki fungsi yang unik dan penting -- haid, mengandung, melahirkan, menyusui.
5.    Hormon wanita berbeda-beda jenisnya dan lebih banyak daripada hormon pria.
6.    Kelenjar gondok wanita lebih besar dan lebih aktif, khusus masa haid dan masa mengandung akan membesar, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit gondok; namun memberi daya tahan terhadap dingin.
7.    Berhubungan dengan kulitnya yang halus, tubuh wanita hampir tidak memiliki rambut.
8.    Darah wanita lebih banyak mengandung air dan sel darah merahnya 20 persen lebih sedikit. Karena sel darah merah memasok oksigen kepada tubuh, maka wanita lebih mudah letih dan jatuh pingsan.
9.    Pria rata-rata memiliki 50 persen lebih banyak tenaga kasar daripada wanita.
10.    Detak jantung wanita lebih cepat (rata-rata 80 per menit), pria 72 per menit). Tekanan darah wanita (10 angka lebih rendah daripada pria) berbeda dari menit ke menit, tetapi kecenderungan untuk darah tinggi lebih sedikit, paling tidak sampai sesudah menopouse.
11.    Kapasitas vital wanita atau kekuatan napasnya jelas lebih rendah daripada pria.
12.    Wanita lebih tahan terhadap suhu panas daripada pria, karena metabolismenya menurun lebih lamban dan lebih rendah.
•    Perbedaan Intuitif Pria dan Wanita
Menurut tim penelitian Stanford University yang dipimpin oleh dua pakar neuropsikolog, yaitu McGuiness dan Triban, wanita menangkap pesan-pesan di bawah alam sadar secara lebih cepat dan akurat. Karena intuisi ini berdasar pada suatu proses mental di luar kesadaran, banyak wanita tidak sanggup menerangkan secara spesifik tentang perasaan mereka.

•    Perbedaan Seksual Pria dan Wanita
Dorongan seksual wanita cenderung berhubungan dengan siklus haid, sedangkan dorongan pria cukup konstan. Hormon testoteronlah yang merupakan faktor utama dalam menstimulasi dorongan seksual, wanita lebih banyak distimulasi oleh sentuhan dan kata-kata romantis. Ia lebih tertarik dengan kepribadian seorang pria. Sementara para pria tertarik dari apa yang dilihatnya. Pria tidak membeda-bedakan kepada siapa ia tertarik secara fisik dan tidak membutuhkan banyak waktu pemanasan untuk melakukan hubungan seks. Tetapi, wanita sering kali membutuhkan waktu berjam-jam persiapan emosional dan mental.















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Kemampuan seorang pria dan wanita tidak dapat diasumsikan dari dominasi sisi otaknya saja. Baik pria maupun wanita tidak mungkin hidup dengan salah satu bagian otaknya saja.
B.    Saran.
Diharapkan dengan adanya makalah ini, kami dan semua pembaca dapat memahami perbedaan karakteristik pria dan wanita, dan lebih memahami pribadi dan kinerja otaknya. Sehingga ilmu yang sudah didapatkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.













DAFTAR PUSTAKA
http://wanita.sabda.org/memahami_perbedaan_pria_dan_wanita
http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1952796-perbedaan-mendasar-antara-pria-dan/#ixzz1ur3fbsdH
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=latar+belakang+perbedaan+pria+dan+wanita&source=web&cd=7&ved=0CFwQFjAG&url=



Tidak ada komentar:

Posting Komentar